Tugas Softskill 2

Tinjauan Buku
Tujuan kelompok kami memilih buku “Akuntansi Biaya” karangan Mulyadi dikarenakan buku ini membahas konsep biaya dan memanfaatkan informasi biaya yang bisa membentuk pola pikir ekonomis dan kami ingin mengetahui isi buku ini secara menyeluruh dan menentukan buku ini layak atau tidak untuk dibaca.

Tujuan Penulis
Tujuan penulis menulis buku ini untuk memberikan sumbangan bagi pengembangan akuntansi biaya di Indonesia.Buku ini ditulis tidak hanya untuk mahasiswa jurusan akuntansi tetapi juga mahasiswa non akuntansi.Penulis mengharapkan mahasiswa non akuntansi dapat memiliki konsep yang benar mengenai informasi biaya dan mampu memanfaatkan informasi tersebut dalam melaksanakan fungsi pokok manajemen seperti perencanaan dan pengendalian kegiatan perusahaan.
Bagi mahasiswa jurusan akuntansi,penulis menyediakan berbagai konsep informasi biaya dan manfaatnya serta berbagai cara perekayasaanya dan mampu” menjual” konsep informasi biaya kepada manajemen yang memerlukan informasi biaya dalam pengelolaan kegiatan perusahaan.

Rangkuman buku
Buku teks akuntansi biaya ini berisi uraian konsep,manfaat,dan perekayasaan akuntansi biaya.Dengan menguasai konsep dan manfaat biaya,kerangka berpikir dan kesadaran biaya yang tinggi dapat terbentuk,sehingga akan menjadikan mahasiswa memiliki kemampuan untuk melakukan pengendalian biaya dan penentuan cost produk.
Buku ini terdiri dari 16 bab,pada bab 1 membahas tentang akuntansi biaya dan pengertian biaya. Bab 2 sampai bab 11 dikelompokan menjadi satu bagian yang membahas tentang penentuan harga pokok produk.Bagian kedua terdiri dari bab 12 sampai bab 14 yang membahas tentang pengendalian biaya lalu pada bagian terakhir terdiri dari bab 15 dan bab 16 yang membahas tentang topic khusus.Disetiap bagian buku ini tidak hanya membahas teori tetapi disertai perhitungan dan contoh soal sehingga mahasiswa lebih memahami materi yang dipelajari.
Dengan menguasai akuntansi biaya mahasiswa akan memiliki kemapuan untuk menghasilkan informasi biaya dan akan mampu “menjual” informasi tersebut kepada pemakai yang memerlukannya.

Kesimpulan
Setelah melakukan tinjauan buku “Akuntansi biaya” kelompok kami menyimpulkan bahwa buku ini layak untuk dibaca dengan alasan bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dimengerti,isi dari buku sesuai dengan SAP yang digunakan Universitas Gunadarma,dan materi yang disajikan dalam buku ini sangat lengkap dan terperinci.

Kelompok:
Hastanti Rusvita Mei (23210182)
Rani Nuraini (25210644)
Yanih Supriyani (28210593)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar